Selamatkan Generasi Emas, Mahasiswa Baru ITN Malang Deklarasi Anti Narkoba

IMG_5322-732x488

Mahasiswa baru ITN Malang mendeklarasikan anti narkoba di halaman rektorat ITN Malang, Rabu (13/9). Secara simbolis mereka membubuhkan tanda tangan di spanduk berukuran 1,5 m x 30 m yang digelar di halaman rektorat. Ini merupakan bagian komitment ITN Malang untuk berperan serta dalam menjauhkan dan melindungi mahasiswanya dari bahaya penggunaan narkoba.

Mahasiswa baru yang sebagian besar kali pertama mengikuti deklarasi dengan antusias membubuhkan tandatangan beserta nama terang. Sampai panitia berkali-kali mengingatkan agar spanduk tidak sampai terinjak. Tidak hanya mahasiswa baru, panitia dan dosenpun turut ambil bagian.

Kegiatan ini mendapat perhatian dan apresiasi khusus dari AKBP Ir. Bambang Sugiharto, M.Si Kepala BNN Kota Malang. Seusai memberikan materi Penanggulangan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS, ia berharap kampus lain bisa mencontoh ITN Malang. ITN sudah sukses melaksanakan tes urine bagi semua mahasiswa baru sekaligus mendeklarasikan anti narkoba sebagai bagian dari komitmen kampus anti narkoba.

Aladin Eko Purkuncoro, ST, MT., Pembina UKM PESAN mengatakan, deklarasi ini dilaksanakan setelah seluruh mahasiswa baru menyelesaikan tes urine. Program ini diharapkan tidak berhenti di sini, namun tiap tahun bisa dilakukan untuk seluruh mahasiswa baru. “Bahkan kalau bisa satu tahun dua kali, atau dipertengahan masa perkuliahan. Bila ada mahasiswa terindikasi maka kami bisa langsung berkomunikasi dengan BNN, dan UKM PESAN inilah medianya,” tuturnya.

“Sesuatu kalau hanya di mulut maka tidak bisa masuk dalam hati. Kalau bicara masalah narkoba maka harus dari dalam hati dulu. Deklarasi dengan membubuhkan tanda tangan ini diharapkan akan membekas di hati mahasiswa baru. Setelah sebelumnya diberikan materi dari BNN dengan deklarasi ini diharapkan mahasiswa baru ter-edukasi dan menjauhi narkoba,” jabarnya. (mer/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page