Pedoman_PKM_2017_Revisi_1.0 (1)_001

Pedoman PKM 2017 Revisi 1.0

Program  Kreativitas  Mahasiswa  (PKM)   yang  diluncurkan  oleh  Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif mahasiswa.

Upaya untuk menumbuhkan kreativitas  mahasiswa  dianggap  sangat penting mengingat kreativitas  merupakan salah satu faktor  kesuksesan  mahasiswa  setelah menyelesaikan studinya.

Sejak  diluncurkannya,  PKM  mendapatkan sambutan yang sangat baik di kalangan mahasiswa maupun perguruan tinggi. Hal ini tercermindari kecenderungan peningkatan jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi  mengikuti  program ini dan juga jumlah proporsal yang diusulkan mahasiswa.

Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan agar dapat mewadahi dinamika yang terjadi. Salah satu upaya untuk memperbaiki PKM adalah pembuatan  Pedoman  PKM yang ditujukan agar dapat menjadi  acuan bagi mahasiswa dan perguruan tinggi yang mengikuti program ini.

Panduan PKM 2018  terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

(1) tatacara pengusulan proporsal PKM,

(2) tata cara pelaksanaan monitoring pelaksanaan PKM dan

(3) pelaksanaan Pekan Imiah Mahasiswa  Nasional (PIMNAS).

Dengan diterbitkan pedoman PKM 2018 ini diharapkan mahasiswa dan perguruan tinggi memiliki  gambaran PKM secara menyeluruh sehingga dapat membuat perencanaan secara berkesinambungan mulai dari pengusulan proporsal, pelaksanaan, monitoring sampai dengan pelaksanaan PIMNAS.

Ke depan dengan semakin populernya kegiatan PKM di kalangan mahasiswa  Indonesia persaingan untuk mendapatkan dana pelaksanaan PKM akan semakin ketat. Oleh sebab itu diharapkan keberadaan Pedoman PKM 2017 ini dan upaya memperbaiki kualitas proposal melalui pelatihan dapat meningkatkan kualitas proporsal PKM yang diusulkan.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya  kepada semua pihak yang telah berpartisipasi  aktif dalam memperbaiki  pedoman ini sehingga pedoman ini dapat disempurnakan dan diselesaikan penulisannya.

Jakarta, 29 Juli 2018

Plt. Direktur Jenderal

Prof. Intan Ahmad PhD.

NIP. 195805011986011001

SIlahkan KLIK LINK dibawah ini untuk download dalam format PDF

DOWNLOAD PANDUAN PKM 2017 Revisi 1.0